Indahnya Keberagaman

Sesungguhnya, segala sesuatu itu indah, tergantung sudut pandangnya. Pagi itu, teman satu kontrakan memberi kabar bahwa tepat jam 10 pagi kami harus berada di salah satu universitas swasta di kota istimewa untuk mengikuti prosesi serah terima mahasiswa praktek pengalaman lapangan, disingkat PPL oleh kaprodi kampus asalku. Kami diterima dengan dengan hangat, disuguhi snack dan teh manis. Pertemuan dibuka oleh kaprodi universitas tempat kami PPL. selanjutnya, beliau memberikan wejangan tentang keadaan kampusnya dengan ciri khas unik yang dimilikinya. Aku bisa memahami indahnya toleransi. I challenge myself, honestly. itulah alasan mengapa aku ingin melaksanakan PPL disana, disamping juga karena alasan kualitas kampus dengan akreditasi A.  Aku ingin melatih diri jikalau suatu saat aku berada di luar negeri dan merasakan suasana seperti saat ini. Kampus itu punya suasana berbeda, aku bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi minoritas dan bagaimana dilihat berbeda walau tidak tersirat secara kasat mata meski itu hanya perasaanku belaka.

Pertemuan berjalan dengan lancar. Kami saling berkenalan dan bertegur sapa. Kebanyakan dosen pada universitas itu berasal dari daerah yang sama dengan asalku dan hal tersebut bisa tampak jelas dari namanya, dari sebuah kota di pulau seberang yang karakternya tidak asing lagi untuk aku kenali. Sikap ramah, welcome, dan hangat diberikan oleh salah satu dosen yang juga pernah mengajar sebagai dosen tidak tetap di kampus asalku. Kami berdiskusi untuk membagi mata kuliah apa yang akan kami ajarkan pada mahasiswa di kampus tersebut, mengingat ketentuan bahwa kami harus mengajarkan 4 kali pertemuan mata kuliah teori dan 2 mata kuliah praktek. Aku memilih mata kuliah penelitian dalam bimbingan dan konseling dan konseling ekspresif sebagai mata kuliah teori serta konseling anak dan keluarga sebagai mata kuliah praktek. selesai pertemuan, dosen yang ku kenal mengajakku berjalan-jalan untuk melakukan orientasi pada kampus tersebut. aku senang dan aku sempat meminta maaf sebelum bertanya, apakah ada ruangan khusus untuk melakukan ritual wajibku? sang dosen mengatakan, nanti akan saya katakan kepada petugas dan menyiapkan suatu ruangan agar tidak terlalu jauh ke luar gedung. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari setiap keadaan. Karena setiap tempat punya cerita.


Comments

  1. https://depos128.com/2019/04/28/sabung-ayam-online-s128-situs-aman-dan-terpercaya/
    Sabung Ayam Online S128 Situs Aman Dan Terpercaya – Sabung Ayam S128 merupakan provider sabung ayam live yang memberikan kemudahan untuk setiap pecinta judi sabung ayam. Pertandingan sabung ayam s128 disiarkan live setiap hari dengan arena yang banyak.
    WA : +628122222995
    Line: cs_bolavita

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TWO EVENT CONCEPT

ADVERBIAL CLAUSE

Adjective Clause